Tuesday, January 27, 2009

TriaNgLe ShiPmeNt / TraDe

Pagi semua.... hari ini kerjaan masih sedikit mungkin kalo disambi membuatbeberapa tulisan akan lebih bermanfaat dari pada cuma ngelamun. oye hari ini istri dan anakku sudah di surabaya.. senangnya hati ini kumpul kembali :D

wis kita mulai aja tulisaan ini
Seperti yang telah aku janjikan diposting yang sebelumnya ( ...L/C...) bahwa di kesempatan posting kali ini aku akan membagi sedikit pengetahuan tentang perdagangan international, Ya Bukan seluruh scope tentang perdangan international tapi salah satu system perdagangan yang di kenal dengan istilah TRIANGLE SHIPMENT / TRADE.
Sistem perdagangan ini melibatkan Tiga ( 3 ) pelaku. kalo bahasaku menyebut 3 pelaku ini sebagai : pelaku (1) pembeli / consignee , pelaku (2) penjual/trader, pelaku (3) supplier penjual. Sistem perdangan ini biasanya biasanya di anut oleh para perusahaan Trader ( broker jual-beli ). Jadi begini cara kerjanya Si Trader itu menwarkan kebutuhan yang mau dibeli oleh si Pembeli /Consignee padahal Si trader ini sejatinya ga mempunyai barang yang ditawarkan tersebut. Setelah terjadi kesepakatan antara siPembeli, si trader ini menghubungi rekanan produsen / supplier yang mampu memproduksi barang yang dipesan oleh Si pembeli,Ya tentunya antara si Trader dan suppliernya itu sudah terjalin kerjasama yang sangat kuat jadi harga barang bisa ditekan serendah mungkin. Jadi dengan kondisi seprti diatas kadang2 membuat aku yang bergerak dalam bidang jasa forwarding merasa kebingungan :D ( mungkin cuma aku ).... Biasanya untuk model shipment ini ada beberapa syarat yang diajukan si Trader kepada kita yang paling sering :
1. Please don't attach the packing list and the invoice with the cargo
2. Please don't mention suppliername at the BL / AWB
Pernah nie satu hari aku memforward invoice yangseharusnya jangan di forwardke consignee, jadi runyam thu masalahnya karena harga yang tercantum di invoice itu ternyata harga beli trader ke supplier sedangkan harga jual trader ke pembeli / consignee ternyata 2x lipat dari harga itu ( busyet dah ... ).
Jadi pesan yang bisa aku sampaikan ke teman2, Becareful if your take care this triangle business

end this post
Special thanks to sopo yo ....

3 comments:

  1. pak adakah buku yang bisa di download mengenai ekspor impor? atau buku yang bapak referensi kan.. terimakasih
    mohon dibalas trysatriajaya@gmail.com

    ReplyDelete
  2. blog anda isinya LUARR BIASAAAA !!!!

    ReplyDelete